Selasa, 13 September 2011

Ungsikan Benda Sejarah ke Palembang

SUNGAILIAT - Mengingat Kabupaten Bangka sampai saat ini belum memiliki balai arkeologi untuk menyimpan benda-benda bersejarah, maka benda-benda bersejarah yang ada di lokasi seperti situs Kota Kapur yang ditemukan di wilayah Kabupaten Bangka saat ini, terpaksa disimpan di Balai Arkeologi di Palembang.
    Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka, Asep Setiawan. "Benda bersejarah yang ditemukan di daerah Kabupaten Bangka di antaranya yang disimpan di Balai Arkeologi Palembang antara lain, berupa arca kapal kayu serta benda yang mengandung nilai-nilai sejarah lainnya yang berhasil ditemukan," terangnya.
    Tambah dia, dengan maraknya aktifitas penambangan yang belakangan kian tidak dapat dibendung, diperkirakan tidak lagi dapat melihat kalau daerah yang mengandung tempat bersejarah dihantam untuk kegiatan penambangan.
    "Maka untuk itu pihak kami terus untuk menjaga dan mengawasi lokasi situs bersejarah  Kota Kapur tersebut misalnya, tidak terjamah oleh aktifitas penambangan dan malah dijarah oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," sesalnya.
    Jabar dia lagi, beberapa waktu lalu situs Kota Kapur yang mempunyai nilai sejarah tersebut sempat terjamah oleh aktifitas penambangan timah, namun saat ini aktifitas penambangan timah ilegal yang ada dekat kawasan situs Kota Kapur sudah dapat diatasi.
    Saat ini para penambang pun sudah mulai menjauh dalam melakukan aktifitas penambangan dari situs Kota Kapur.
    "Kita sangat berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menjaga agar situs yang kita miliki tersebut jangan sampai hilang. Dan kita berharap masyarakat dapat terus mendukung adanya keberadan dari situs bersejarah tersebut, agar tetap ada,' pintanya.
    Makanya dia menegaskan ini semua tidak menjadi tanggungjawab dari pemerintah semata, namun untuk mendukung agar situs situs yang punya nila nilai sejarah itu tetap utuh kebedaraannya masyarakat pun harus bahu membahu untuk menjaga keberadan dari situs bersejarah yang punya nilai sejarah yang sangat tinggi, dari sejarah kehidupan yang ada di dunia ini.
    "Terutama sejarah yang berkaitan dengan Pulau Bangka Belitung ini sendiri," harapnya .(mg08)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More