Selasa, 13 September 2011

Tj Gudang Pintu Masuk Pendatang

BELINYU - Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu menjadi akses pintu masuk para pendatang dari luar dan diperkirakan jumlahnya  meningkat pasca lebaran yang telah berlalu satu minggu lebih.     Terakhir dalam waktu dekat kemarin kembali masuk kapal penumpang PELNI yang membawa penumpang cukup ramai pada hari Jumat (9/9) lalu.
    Dari pantauan Radsul di lokasi pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu  mulai dari pukul. 14.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB tampak arus mudik para penumpang yang  datang menggunakan jasa kapal penumpang terpantau membeludak.
    Menurut salah seorang petugas pelabuhan Tanjung Gudang, jumlah penumpang yang datang lebih ramai dibandingkan pada beberapa hari sesudah lebaran kemarin.
    Untuk jumlah penumpang yang turun jumlahnya lebih banyak 4 kali lipat dibandingkan dengan penumpang yang turun, kondisi ini karena sebagian diantaranya diperkirakan adalah para perantauan yang mengadu nasib untuk mencari pekerjaan di Belinyu atau daerah Bangka lainnya.
    "Para penumpang yang turun saja untuk siang ini diperkirakan bisa mencapai 2000 orang. Sedangkan para penumpang yang mau berangkat diperkirakan sekitar 400 orang," ungkap salah satu petugas tersebut kepada Radsul saat  ditemui di kawasan pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu jumat (9/9) siang sekitar pukul 15.30 WIB.
    Sementara salah satu penumpang yang tidak mau disebutkan namanya berasal dari Riau mengaku dirinya sengaja datang ke Bangka bersama temannya karena tertarik untuk bekerja di Bangka karena dari teman yang sudah datang bekerja di Bangka sebelumnya relatif sukses sebab bekerja di Bangka mudah dan upahnya cukup lumayan.
    "Kalau di tempat saya susah bekerja bang, upahnya juga kecil kalau disini saya pengen coba  karena temen saya yang sudah duluan berangkat bekerja di tambang kelihatan lumayan hasilnya," terangnya.
    Seperti diketahui Bangka merupakan surga bagi para pendatang dengan menggiurnya upah pada lapangan pekerjaan yang tersedia seperti di bidang pertambangan, bangunan maupun perkebunan. Sehingga hampir di setiap kecamatan di Kabupaten Bangka terdapat para pendatang yang bekerja dan terkadang tinggal di camp-camp sementara. (trh)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More