Selasa, 13 September 2011

Sapi Kurban Segera Dipasok

SUNGAILIAT - Sebanyak sekitar 200 ekor sapi dari luar pulau Bangka segera akan dipasok ke Kabupaten Bangka untuk mencukupi kebutuhan kurban di daerah setempat.
    "Tahap awal, diperkirakan dua minggu lagi sebanyak 200 sapi kurban yang akan dijual oleh sejumlah pedagang segera masuk dari Lampung, Jawa dan daerah lain diluar pulau Bangka," kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Rahmani di Sungailiat, Senin (12/9).
    Ia mengatakan, semua sapi kurban tersebut sebelum dipasok terlebih dahulu sudah dilakukan uji kesehatan oleh pemerintah daerah asal serta dilakukan yang sama di karantina hewan di pelabuhan penyeberangan.
     "Setelah sampai dilokasi, kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan kembali untuk menyatakan kalau hewan atau sapi tersebut benar-benar sehat," jelasnya.
     Menurutnya, kebutuhan sapi kurban pada tahun ini diperkirakan tidak mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yakni berkisar 300 ekor sapi, dan sisa sapi yang belum dipasok menyusul pada minggu berikutnya.
     "Semua hewan yang didatangkan dari luar Pulau Bangka akan melalui pelabuhan penyeberangan Muntok, Kabupaten Bangka Barat dan pelabuhan penyeberangan lain," jelasnya.
     Dikatakan, meskipun selama ini tidak pernah ditemukan sejumlah sapi kurban yang sakit, namun pengawasan tetap dilakukan oleh pihanya sebagai upaya antisipasi.
    "Pengawasan terhadap hewan kurban memang membutuhkan konsentrasi karena pemotongannya dilakukan tidak satu tempat melain dibeberapa tempat yang berbeda oleh panitia kurban," katanya.
     Sementara untuk hewan kurban kambing kata dia, sampai sekarang belum ada informasi kepastian pasokannya mengingat jumlahnya lebih banyak dibanding dengan sapi.
     "Saya mengharapkan kepada panitia kurban untuk menghubungai petugas kesehatan hewan sebelum hewan tersebut dipotong untuk menyatakan apakah hewan tersebut layak atau tidak dipotong," katanya. (cr03)
     

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More