Selasa, 13 September 2011

Harga Cabe Makin "Merah"

SUNGAILIAT -  Rupanya tidak hanya harga ikan yang masih cukup tinggi dan tidak stabil di pasar ikan tradisional Sungailiat.
    Harga bumbu dapur jenis cabe pun sudah beberapa hari ini ikut tambah pedas, karena stok cabe dari luar daerah Bangka menipis.
    Kata salah seorang penjual bumbu dapur di pasar tradisional Sungailiat, dedek, Minggu (10/9) harga dari beberapa jenis bumbu dapur masih tergantung pasokan barang dari luar karena kebanykan bumbu seperti halnya cabe, bawang dan sejenisnya yang lainnya masih didatangkan dari luar daerah, seperti dari Palembang, Bandung dan Jakarta.
    Sementara hasil perkebunan dari para petani setempat belum memenuhi permintaan konsumen.
    "Jadi, kalau stok barangnya sedikit sedangkan permintaan barang banyak secara otomatis secara hukum ekonomi barang akan naik harganya," terang dedek sambil tersenyum.
    Berkurangnya pasokan jenis bumbu dapur seperti halnya cabe ini mungkin dikarenakan situasi cuaca seperti musim kemarau, atau seperti sekarang banyak tanama cabe yang mati sehingga hasil produksinya pun menurun.Selain itu situasi cuaca yang kurang menentu dan sedikit ekstrim, kapal yang mengangkut pun jadi ngeri berlayar.
    "Kita pedagang kecil seperti halnya pedagang bumbu dapur berharap harga pun bisa stabil karena kalau harga mahal seperti ini, para pembeli pun akan berbelanjanya sedikit, sebatas keperluan saja, kalau harga murah pasti yang beli pun rame dan sekali beli cukup banyak untuk persiapan, atau untuk disimpan," jelasnya.
    Dengan harga yang tinggi seperti ini pedagang tidak berani nyetok banyak-banyak barang yang didagangkan.
    Takutnya, tidak laku dan busuk, maka mereka juga yang bakal rugi keluhnya.
    "Kalau kami pedagang kecil ini pengennya juga harganya stabil, karena kalau harga murah modal yang dikelurakan hanya tidak seberapa juga, kalau mahal seperti ini kita pun harus mengeluarkan modal ekstra," keluhnya.
    Sementara untuk harga cabe kecil yang sebelumnya dijual Rp 25 ribu naik menjadi Rp 40 ribu, untuk cabe besar keriting Rp 35 ribu, cabe besar biasa Rp 30 ribu, bawang merah Rp 15 ribu, bawang putih Rp 12 ribu, bawang bombai Rp 10 ribu/Kg-nya.
    Dan untuk asam Rp 4.000, ketumbar Rp 2.000, kencur Rp 3.000, serai Rp 1.000, kunyit Rp 3.500, kemiri Rp 5.000, pala Rp 7.000, laos Rp 2.000, jahe Rp 3.000 dan belacan penyedap rasa dijual dengan harga Rp 3.000/Ons. (mg08)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More