Rabu, 05 Oktober 2011

Proyek Dermaga Belinyu Dicurigai

SUNGAILIAT - Proyek pengerjaan dermaga tambat perahu nelayan di Pantai Batu Dinding Kecamatan Belinyu dapat sorotan tajam dari LSM.
Proyek yang dibangun oleh pemerintah daerah melalui intansi terkaitnya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Bangka menjadi sorotan LSM Kampak Babel karena dinilai pengerjaan miliaran rupiah itu terkesan asal-asalan.
Untuk itu, Wakil Ketua LSM Kampak Babel Ivan Ramadhan mendesak pihak aparat terkait dalam hal ini Kejaksaan segera melakukan sidak terhadap proyek tersebut, kendati pun pelaksanaan proyek itu sudah rampung sejak tahun 2010 lalu dengan menelan dana senilai Rp 1,2 miliar, yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2010.
"Bahkan proyek yang diduga bermasalah tersebut sempat disurvei oleh anggota DPRD Bangka beberapa waktu lalu termasuk juga kami (LSM Kampak, red). Namun ironisnya justru wakil rakyat diduga diam tak menyikapi proyek tersebut," katanya.
Katanya info proyek tambat perahu nelayan itu pernah disidak, namun terkesan seolah-olah menurut dia didiamkan. "Makanya kita mintaa lakukan pengecekan kembali terkait proyek yang diduga dalam pelaksanaanya bermasalah," tegas Ivan.
Dijelaskan Ivan, dalam kegiatan survei pihaknya (LSM Kampak) belum lama ini, secara kasat mata saja proyek tersebut dinilainya terkesan justru dikerjakan asal-asalan oleh pihak pelaksana (kontraktor) hal tersebut dapat dilihat dari kontruksi tiang penyangga atau tiang pancang dermaga tersebut.
""Bisa dilihat sendiri bagaimana konstruksi tiang dermaga itu," katanya.
Meski demikian ditegaskan Ivan lebih lanjut dalam kasus ini pihaknya sesungguhnya tidaklah bermaksud mencari-cari kesalahan atas pelaksanaan pembangunan proyek dermaga tambat perahu nelayan, akan tetapi mengingat hal itu dilakukan atas adanya laporan yang diterima dari masyarakat.
"dalam konteks kasus ini kita masih mengkedepankan azas praduga tak bersalah. Akan tetapi kita menginginkan pelaksanaan proyek itu berjalan sesuai dengan prosedur dan RAB-nya," tutur dia lagi.
Karena jika itu tidak dilaksanakan jelas ujungnya yang merasakan dampaknya pasti masyarakat selain Negara yang dirugikan. Sebab dana yang digunakan berasal dari uang Negara. (j0i)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More