Rabu, 05 Oktober 2011

Petani Pemali Telat Terima Bantuan

SUNGAILIAT - Sejumlah petani padi sawah maupun padi ladang di Kecamatan Pemali, mengalami keterlambatan penerimaan Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) dari Pemerintah daerah setempat sebanyak 570 kilogram yang akan diperuntukan seluas 30 hektar sawah.
     Menurut Kepala Bidang Pertanian, Dinas Peternakan dan Pertanian (Dispernak) Kabupaten Bangka, Awaluddin di Sungailiat, Selasa (4/10), keterlambatan tersebut diduga masih berada ditempat jasa pengiriman karena melalui pihak ketiga, semua BLBU sudah dikirim.
     "Saya sudah menghubungi langsung ke pihak ketiga sebagai perusahaan pengadaan BLBU, dan didapat informasi semua BLBU yang berjumlah 23.675 kilogram sudah dikirim ke Kabupaten Bangka, dan saya belum tahu apakah keterlambatan ini masih berada di pelabuhan penyeberangan atau di tempat lain," katanya.
      Ia mengatakan, pihaknya akan terus menelusuri BLBU tersebut agar segera dikirim ke petani karena sebagian petani di Kecamatan Pemali sudah mau melakukan penanaman," jelasnya.
     "Jumlah total BLBU yang akan disalurkan ke petani di tujuh kecamatan termasuk Kecamatan Pemali berjumlah 23.675 kilogram yang akan ditanam diatas areal sawah seluas 947 hektar yang terdiri padi sawah seluas 547 hektar dan padi ladang seluas 400 hektar," jelasnya.
     Untuk di Kecamatan Belinyu, BLBU yang disalurkan ke petani sebanyak 2.000 kilogram dengan luas areal sawah 80 hektar, Kecamatan Riau Silip sebanyak 6750 kilogram BLBU dengan luas areal sawah 270 hektar.
    Sementara di Kecamatan Puding Besar alokasi BLBU yang disalurkan kepetani sebanyak 4.300 kilogram dengan luas sawah 172 hektar, Kecamatan Pemali sebanyak 750 kilogram BLBU dengan luas wilayah sawah 30 hektar.
     Kecamatan Merawang, pasokan BLBU sebanyak 4.500 kilogram yang diperuntukan untuk sawah seluas 180 hektar, Kecamatan Bakam sebanyak  1.250 kilogram dengan luas areal sawah 50 hektar dan Kecamatan Mendobarat sebanyak 4.125 kilogram akan ditanam di areal sawah seluas 165 hektar.
     "BLBU padi ladang ditetapkan jenis padi situbagendit sementara untuk padi sawah jenis, Ir, Cieras, Cireung dan lainnya," katanya.
     Penyaluran BLBU saat ini kepada petani kata Awaluddin, tidak mengalami keterlambatan baik petani padi ladang maupun padi sawah. (cr03)
   
   
   

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More