Rabu, 05 Oktober 2011

Ispa Masih Menghantui

MENDOBARAT - Musim Panas yang nyaris belum berakhir ini, ternyata masih memberikan efek yang kurang baik bagi masyarakat.
Terutama dalam kesehatan masyarakat. Contohnya seperti yang juga masih terjadi di wilayah Kecamatan Mendobarat.
Pengaruh Musim Panas dan kekeringan yang terjadi ternyata masih mendominasi terjadinya Ispa (infeksi saluran pernapasan).
Hal ini sebagaimana yang juga disampaikan  oleh Kepala Pukesmas Petaling Birman, ketika ditemui wartawan ini di sela-sela kesibukannya kemarin, Senin 3 Oktober 2011 di ruang kerjanya.
Menurut Birman kondisi cuaca hingga saat ini masih terbilang belum cukup kondusif, pasalnya titik turun hujan juga masih terbatas.
"Masih nanggung lah. Tapi dari data jenis penyakit yang masuk ke meja Pukesmas Petaling ini Masih Inspa, penyakit jenis ini adalah merupakan jenis penyakit yang paling banyak terjadi," ujarnya.
Dan salah satu ciri dari penyakit ini adalah terganggunya saluran pernapasan pada manusia, sedangkan penyebab dari Inpas sendiri bisa datang dari berbagai factor seperti, dari akibat tidak bersihnya udara, debu dan asap rokok, bahkan asap rokok dan debu adalah merupakan penyumbang terbesar terjadinya penyakit infeksi  pernapasan akut atau Inspa ini.
Karena itu sebelum terlambat ada beberapa hal yang perlu dan harus diperhatikan, yakni selalu menjaga kebersihan lingkungan atau PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), merokok pada tempatnya, dan selalu menjaga pola konsumsi makanan, pesan Birman. (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More