Kamis, 29 September 2011

Riau Silip Dibidik Agen Wisata

RIAUSILIP - Keindahan alam di wilayah Kecamatan Riau Silip mengundang daya tarik agen perjalanan wisata.
Agen itu sendiri mengungkapkan daya tariknya yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka untuk dijadikan daerah tujuan wisata.
Beberapa tempat yang direncanakan akan menjadi rute perjalananan paket wisata di Riau Silip adalah air terjun Gunung Maras dan Sungai Perimping.
Menurut Camat Riat Silip, M Ansori Muslim, MSi kepada Radsul di ruang kerjanya Sabtu (24/5) pengembangan wisata ini pada mulanya untuk mengoptimalkan potensi wisata yang memang sangat menarik, serta untuk memberdayakan masyarakat setempat yang sangat mendukung sehingga akan terlibat dalam pengelolaannya nanti.
Selain itu  pengembangan objek wisata seperti air terjun juga bisa mencegah tempat itu dari perbuatan asusila sebagian para pengunjungnya karena lokasi yang tidak diawasi seperti yang terjadi beberapa bulan terdapat pengunjung yang kerasukan (kemasukan roh halus, red) karena tempat tersebut menurut para penduduk setempat dijadikan untuk perbuatan yang menyimpang.
"Kita telah melakukan survey beberapa waktu yang lalu ke air terjun maras bersama pak Asep (kepala Disparbud Bangka) dan Bu Yuna juga terlibat sebagai perwakilan dari agen perjalanan wisata untuk melihat potensi yang ada," ujarnya.
Lebih lanjut ia katakan dari hasil survey tersebut dinyatakan layak untuk dikembangkan menjadi rute perjalanan wisata yang nantinya para pengunjung ketika dari Sungailiat atau Pangkalpinang akan datang ke Riau Silip menuju air terjun maras lalu setelah itu  singgah di Desa Berburah untuk menikmati hidangan khas masyarakat setempat.
Selepas dari itu dilanjutkan perjalanan menggunakan perahu boat menuju sungai Perimping dengan menyusuri alurnya  menuju sebuah pulau. Setelah menikmati keindahan pulau perjalanan dilanjutkan menuju Tanjung Gudang Belinyu dan diakhiri perjalanan wisata di Kecamatan Belinyu seperti Benteng Kuto Panji, Pantai Penyusuk dan sebagainya.
"Saat ini sudah disepakati demikian rutenya dan masyarakat sangat mendukung, ada juga yang bersedia menjadi guide dan menyewakan perahunya, mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi," terangnya.
Di samping itu rencananya juga akan ada event skala kabupaten  diselenggarakan Disparbud Bangka  di Kecamatan Riau Silip seperti pagelaran seni ataupun pesta adat kampung. Tujuan dari pengembangan pariwisata dan budaya menurut Ansori juga untuk tidak hanya menjadikan Riau Silip hanya punya potensi perkebunan dan tambang saja tapi juga ada paiwisata dan budayanya.
"Selama ini mungkin Riau Silip identik dengan Pertambangan dan Perkebunan , untuk itu kita ingin juga Riau Silip bisa berkembang dalam sektor budaya dan pariwisata," pungkasnya. (trh)

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More