Kamis, 29 September 2011

Dimeriahkan Kesenian dari Jepang

SUNGAILIAT - Pentas seni dan gebyar budaya Sepintu Sedulang Kabupaten Bangka, akan dilaksanakan November mendatang.
Bahkan rencananya, akan mendatangkan dan menampilkan kesenian dari negeri Sakura, Jepang.
Seperti yang disampaikan Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab, Muhammmad Firdaus kepada Radsul, Rabu (28/9).
"Acara ini kita laksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kesenian daerah, selain itu juga dalam rangka untuk menjalinkan hubungan siraturahmi dari para pelaku seni yang ada di daerah ini dengan para pelaku seni dari antar Negara seperti halnya dari Negeri Sakura Jepang, yang mana karateristik kesenian tidak jauh berbeda dengan daerah kita," kata dia.
Acara gebyar Sepintu Sedulang sendiri direncanakan akan dilaksanakan di Taman Hiburan Rakyat (THR) Batin Tikal Sungailiat, tanggal 12 Nopember yang akan datang.
Sementara pelaku kesenian sendiri yang akan mengunjungi Kabupaten Bangka berasal dari kelompok organisasi kesenian Sukogakai, kelompok ini sendiri merupakan kelompok kesenian khusus yang akan memainkan alat musik jenis Koeto, yaitu sejenis alat musik kalau di Indonesia dikenal dengan Kecapi.
"Namun kalau musik Koeto ini sendiri merupakan alat musik sejenis Kecapi tradisional Jepang," terang Firdaus.
Nah, daerah kita sendiri katanya dalam acara tersebut akan menampilkan berbagai kesenian asli daerah Bangka, yang akan diwakili oleh para pelaku kesenian yang tergabung dalam sanggar-sanggar kesenian terbaik.
Baik itu dari Bangka, Basel, Bateng dan Bangka Barat.
Tambah dia lagi, selain kedatangan tamu 4 orang perwakilan pelaku kesenian dari Jepang, nanti para perwakilan Jepang itu juga bakal didampingi pelaku seni Sukogakai yang ada di Indonesia, yang kebanyakan dari Jakarta.
Mereka akan menampilkan berbagai jenis tarian kesenian kreasi. (j0i)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More