Rabu, 14 September 2011

Ini Pesan agar Konflik Tidak Terjadi

MERAWANG - Camat Merawang Thony Marza menjelaskan bahwa memang di wilayah Kecamatan Merawang hingga kini memang masih ada sejumlah lahan kosong atau belum termanfaatkan oleh masyarakat.
    Sedangkan untuk lahan-lahan yang belum termanfaatkan tersebut kata Thony umumnya masih banyak terdapat di wilayah dalam yakni terdapat di desa-desa.
    Sedangkan untuk lahan-lahan yang dekat dengan jalan atau lebih strategis, kini sudah banyak dikuasai juga oleh pribadi.
    Maka dari itu untuk lahan yang masih kosong alias belum termanfaatkan ini, ada yang dimiliki oleh pribadi atau memang masih berstatus sebagai lahan milik Negara.
    Namun karena melihat posisi lahan yang belum termanfaatkan tersebut berada di wilayah dalam, maka sangat kecil kemu ngkinannya dimanfaatkan untuk kawasan pembangunan dan infrastruktur.
     Thony kembali mengatakan bahwa suka atau tidak suka, setuju atau tidak setuju, bahwa semakin tahun terus terjadi ledakan pertambahan penduduk, maka dari itu pertumbuhan penduduk itu selalu bersifat dinamis, sementara itu dengan semakin bertambahnya padatnya penduduk telah menyebabkan lahan tinggal semakin statis atau tidak bertambah dan semakin hari semakin menyempit.
    ”Oleh karena itu saya selaku camat, meminta kepada semua pihak untuk tidak sembarangan mengklaim sebuah lahan kosong atau belum termanfaatkan sebagai miliknya, jika tanpa disertai dengan bukti yang syah, salah satunya adalah memilki bukti surat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan sudah pasti lahan tersebut  harus dirawat dengan baik," pintanya.
    Kalau mengakui berarti harus punya surat harus punya buktinya.  Karena dengan kondisi lahan yang semakin berkurang akibat terhimpit oleh Jumlah penduduk yang semakin terus meningkat saat ini, sangat dikhawatirkan banyak persoalan tanah atau lahan yang  menjadi sengketa dan berujung dengan konflik, pesan Thony. (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More