Rabu, 14 September 2011

8 WNA Cari Duit di Riau Silip

RIAUSILIP — Selama tahun 2011, terdata delapan orang Warna Negara Asing (WNA) dari Republik Rakyat Cina (RRC) yang bekerja di perusahaan Granit yang ada di wilayah Kecamatan Riau Silip. Camat Riau Silip, Ansori Muslim saat ditemui Radsul di ruang kerjanya mengatakan kedelapan WNA asal Cina tersebut selama ini bekerja di perusahaan Granit yang ada di Desa Riau.
    Menurutnya dalam hal ini  pihak Kecamatan Riau Silip  belum memiliki data detail dari WNA tersebut. Namun ia sendiri  pernah mengunjungi perusahaan tersebut untuk melihat kebenaran adanya pekerja asing serta mengingatkan kepada pihak perusahaan agar segera memberikan data mengenai pekerja asingnya tersebut.
    “Untuk data detailnya kami belum menerima, namun dari informasi yang kami dapati ada 8 orang WNA dari Cina yang bekerja di perusahaan granit di Desa Riau,” ungkapnya.
    Ia mengatakan dalam hal ini dari WNA tersebut telah melaporkan ke pihak imigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, namun sejauh ini dari pihak kecamatan Riau Silip baru menerima laporan dari badan hukum perusahaan tempat WNA tersebut bekerja.
    “Untuk hal ini mereka hanya melapor ke pihak Imigrasi provinsi, kita hanya menerima laporan dari badan hukum mereka saja,” terangnya.
    Ansori menegaskan pihaknya akan kembali melakukan pendataan ulang seiring dengan tingginya pendatang yang akan masuk ke wilayah kecamatan Riau Silip, dengan melibatkan beberapa unsur terkait.
    Namun ia mengatakan dalam hal angka akurasi dalam pendataan Ansori mengatakan sering terjadi peningkatan dan penurunan, terutama bagi para pekerja TI, mengingat para pekerja tambang tersebut sering berpindah-pindah di wilayah lain.
    “Biasanya untuk data pendatang ini selalu bergerak jumlahnya, karena mereka sering berpindah-pindah domisili,” katanya.
    Sebelumnya pihak Kecamatan Riau Silip telah berhasil mendata jumlah pendatang dari wilayah lampung, madura, NTT, jawa dan lainnya yang berjumlah 840 jiwa pada bulan Juli 2011 dan mereka yang datang bekerja disektor pertambangan dan perkebunan serta sebagian lainnya pendatang yang menetap bermukim diwilayah Kecamatan Riau Silip seperti Desa Mapur, Cit, dan Silip.(trh)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More