Senin, 10 Oktober 2011

Terpaksa Murahkan Hewan Kurban

SUNGAILIAT - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha yang tinggal menunggu beberapa minggu lagi, usaha hewan kurban terus menggeliat.
Tingginya angka permintaan terhadap hewan kurban seperti sapi dan kambing mengalir lewat pesanan-pesanan dari calon pengurban.
Seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang hewan kurban, Iwan, katanya sudah menjadi rutinitas menjelang Idul Adha tingkat permintaan terhadap hewan korban seperti kambing dan sapi meningkat, kata pedagang yang biasa mangkal di kawasan pasar Sungailiat ini.
Dia mengaku setiap tahun melayani pesanan hewan kurban, bahkan menurutnya, pesanan hewan kurban mulai ada sebanyak puluhan  ekor untuk kambing dan sementara untuk sapi belum begitu banyak bila dibandingkan dengan kambing.
"Walaupun masih jauh-jauh hari namun sudah ada yang memesan, maka kita pun sudah mulai menyetok untuk hewan korban tersebut," jelasnya kepada Radsul.
Sekitar satu minggu lalu kata dia, beberapa pedagang mulai nyetok sapi dan kambing untuk kebutuhan hewan kurban.
Namun diakui Iwan dari segi harga untuk tahun ini kemungkinan akan disesuaikan dengan tingkat ekonomi yang ada, terlebih katanya saat ini ekonomi masyarakat sedikit mengalami penurunan.
"Kita juga melayani pesanan sapi dan kambing datang dari berbagai daerah seperti Kecamatan Riau Silip dan Kecamatan Belinyu," jelasnya.
Sementara hewan korban sendiri seperti untuk sapi yang didatangkan dari Madura target harga Rp 10 juta untuk sapi yang beratnya sekitar 100 kg, dan kambing dari Palembang dipasang harga Rp 2 juta untuk ukuran 35 kg dan Rp 1,5 juta untuk ukuran 25 kg.
"Ya, terpaksa harus jual sedikit murah lah dari biasanya, asalkan ada untung sedikit dan tidak rugi, hewan kurban akan kita lepas dengan harga yang masih bisa nego," tutup Iwan. (j0i)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More