Kamis, 13 Oktober 2011

Nelayan Dilatih Rawat Kapal

Balai Pendidikan Pelatihan Perikanan Medan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka serta Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat menyelenggarakan pelatihan tentang perawatan mesin kapal bagi nelayan Kabupaten Bangka, Rabu (12/10) di Ruangan Pertemuan PPN Sungailiat.
Kegiatan dibuka Asisten III Administrasi Umum Setda Bangka Drs M Nasir Hasan yang mewakili Bupati Bangka ditandai dengan  penyematan tanda peserta dan pemberian perlengkapan pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan mengenai perawatan mesin kapal nelayan sehingga bisa memperkecil harga perbaikan kapal dan bisa mandiri.
Tampak hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Ir Zulkarnain Idrus, Perwakilan Kepala PPN Sungailiat, dan tamu undangan lainnya.
Asisten III dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh BPPP Medan ini sangat baik dan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi nelayan. Apalagi sekarang ini Kabupaten Bangka ditetapkan sebagai kawasan minapolitan sehingga nelayan harus siap dengan segala kondisi yang ada dan terutama mengenai kapal yang harus siap untuk digunakan sarana mencari ikan.
“Pelatihan ini bisa menambah wawasan dan kemampuan bagi nelayan sehingga bisa memperbaiki kapalnya sendiri dan tidak perlu lagi ke bengkel atau membayar teknisi untuk memelihara kapal,” kata Pak Asisten.
Nasir Hasan juga mengharapkan para nelayan mengikuti pelatihan ini harus ikhlas sehingga hasil yang didapat  bisa mudah diserap dan berguna bagi semua dan dapat bermanfaat bagi semua.
Sementara itu Ketua Panitia Supriyanto A.Md dalam laporan mengatakannya kegiatan safari pelatihan ini upaya mendukung program minapolitan yang dicanangkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Bangka sehingga siap baik dari segi sarana dan prasarana, infrastruktur maupun sumber daya manusianya.
“Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 12 sampai dengan 18 Oktober diikuti 30 peserta dari berbagai nelayan yang ada di Kecamatan Sungailiat dan sekitarnya dengan pemberi materi dari widyaswara dari BPPP Medan Sumatera Utara,” tutup Supriyanto. (humas/Lutfi)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More