Rabu, 26 Oktober 2011

Gelar Budaya Sunda di THR

SUNGAILIAT - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka akan menyajikan pagelaran seni daerah Parahyangan, satu malam bersama sanggar seni dari kota Bandung, dalam rangka untuk menyabut hari Sumpah Pemuda tahun 2011.
Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab, Asep Setiawan, Selasa (25/10) dalam pegelaran seni itu sendiri akan menampilkan kesenian tardisonal Sunda seperti Valung, Rampak Gendang, Kecapi Suling dan lagu lagu pop klasik, yang akan di selenggarakan di Taman Hiburan Rakyat (THR) Batin Tikal Sungailiat, pada tanggal 29 Oktober 2011 mendatang.
"Sebelumnya kegiatan pagelaran seni tradisional ini sendiri akan dilaksanakan di lokasi car free day jalan Pemuda Sungailiat, namun karena situasi yang tidak memungkinkan terutama terkait faktor keamanan, maka kita alihkan ke Taman Hiburan Rakyat Batin Tikal," terangnya.
Tambahkan Asep memang sebelumnya ingin acara itu di lokasi car free day dengan cara menggelar tikar, lesehan, sehingga kesan tradisional nampak betul.
Namun tim panitia termasuk pihak keamanan melalui rapat panitia meminta acara itu digelar di THR.
Acara tersebut digelar selain dalam menyambut hari Sumpah Pemuda juga dalam rangka silaturahmi sesama sanggar seni antar daerah, dengan tujuan untuk memberi sosialisasi dan semacam pengarahan kepada masyarakat pendatang, agar selaku masyarakat pendatang kiranya dapat  berlaku baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai daerah di mana berada.
"Sehingga selaku masyarakat pendatang juga dapat membaur dengan masyarakat pribumi sehingga kondisi daerah dapat aman," harap Asep.
Diharapkan juga melalui pagelaran seni itu dapat menyatuhkan diri antara masyarakat pendatang, misalnya dari daerah Sunda dan daerah lainnya dapat saling membaur.
"Dan kita harapkan juga dengan nilai-nilai budaya semacam ini akan kita jadikan ajang silaturahmi antar sesama warga Negara Indonesia," tandasnya. (j0i)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More