Jumat, 07 Oktober 2011

Calhaj Doakan Pigub Aman

MENDOBARAT - Tidak lama lagi calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Bangka akan berangkat ke tanah suci Mekkah, segala persiapan telah dilakukan masing-masing calhaj.
Kegiatan seperti sedekah haji atau doa selamatan di rumah-rumah pun juga turut mewarnai setiap tahun menjelang keberangkatan para jemaah ke Baitullah.
Dengan menggelar acara sedekah ini, para caon jemaah bersertanya pun berharap seluruh para undangan dapat memberikan doa restu kepada yang akan menjadi tamu Allah ini, sehingga dapat pergi dan beribadah  menjadi haji yang mabrur ( haji sesungguhnya) dan pulang juga selamat kembali kepada keluarga masing-masing.
Namun yang pasti di sisi sang tuan empunya hajatan berharap akan terkabulnya doa, sedekah ini juga membawa berkah bagi masyarakat lain, yakni bergiliran menghadiri undangan sedekah haji setiap tahunnya.
Kebahagian inilah yang kini tengah bergelanyut di hati  pasangan Kakek usia 80 tahun, Abdul Malik dan istrinya Nek Masnah usianya kini 74 tahun.
Warga Desa Air Duren Kecamatan Mendobarat yang ditemui Wartawan ini di kediamannya, Kamis (6/10).
Ketika wartawan ini mengunjungi keduanya Nampak kakek dan nenek yang menikah pada tahun 1946 silam ini, nampak sejumlah pakaian yang masih terlipat rapi beserta beberapa alat lainnya nampak menunggu di ruang tengah kelurga sederhana ini.
Mereka tampak bahagia karena telah dipanggil untuk berkunjung ke Kota Mekah, tempat dimana Nabi Muhammad dilahirkan.
Apa yang kini tengah dirasakan oleh keduanya, terasa sangat begitu kuat, apalagi impian untuk melaksanakan ibadah suci ini sudah terpendam sekian lamannya.
”Dulu mungkin kami berangkat haji kata Allah belum tepat waktunya, karena waktu itu anak kami yang jumlah enam ini masih sangat membutuhkan perhatian, jadi kami fokus dulu kepada mereka hingga mereka dewasa dan masing-masing kini sudah berumah tangga sendiri, bahkan pernah juga waktu itu mau berangkat harga sahang atau lada sedang anjlok," katanya.
Pokoknya kalau memang belum waktunya ya memang seperti itu kata dia, belum bisa berangkat.
Akhirnya tahun 2006 mereka berdua sepakat untuk mendaftarkan diri ingin pergi haji sama-sama, tapi baru sekarang bisa berangkatnya.
"Nggak nyangka juga sekarang diberikan kesempatan pergi haji, pasalnya kemarin katanya kami-kami yang sudah berusia diatas 60 tahun ini, tidak boleh lagi pergi, dengan alasan karena faktor usia dan kesehatan. Tapi Alhamdulilah, akhirnya kemarin kami mendapatkan informasi dari Sungailiat katanya, Pak Abdul Malik di suruh mengahad, dan setelah sampai di sana kami diberitahukan bahwa kami menjadi calon jemaah haji tambahan, jadi diberikan kesempatan dulu mengingat usia. Insya Allah kami berangkat tanggal 17 Oktober nanti, jadi  sekarang sedang berbenah-benah, koper kami belum nyampai. Kami berharap di sana dapat menjadi tamu Allah yang dirhidoi-Nya," harap dia.
Nah, soal pilgub nanti, tak lupa pasangan ini bakal mendoakan agar proses pemilihan gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) juga akan berjalan aman. "Kami mendoakan pemimpin di negeri ini sosok yang memiliki hati yang baik, amanah dan cinta kepada rakyat Bangka Belitung," harapnya. (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More