Selasa, 18 Oktober 2011

Barongsai Bangka Berjaya di Piala Presiden

SUNGAILIAT - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Barongsai Keakraban Sosial Dewi Kuan Yin Sungailiat berhasil meraih predikat juara harapan II dan III dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Sail Wakatobi Belitong 2011.
      Menurut pemilik TMB Barongsai Keakraban Sosial, Hermanto Wijaya di Sungailiat, Senin (17/10), keberhasilan anak asuhnya setelah berhasil melakukan berbagai atraksi yang memukau penoton dengan meloncat setinggi 170 cm tanpa ada alat bantu.
     "Meskipun hanya meraih juara harapan II pada kategori semi lantai dan juara III kategori lantai, kami cukup puas karena mampu bersaing dengan tim barangsoai dari luar Pulau Bangka," katanya saat disambut Wakil Bupati Bangka, Nurhidayat Rani.
      Ia mengatakan, keberhasilan ini pula menjadi pemacu untuk lebih bersemangat latihan di mana, barongsai tersebut baru berdiri hampir satu tahun yakni diresmikan pada tanggal 9 September 2010.
       "Pemain Barongsai Keakraban Sosial Dewi Kuan Yin semuanya pelajar dari tingkat SD sampai SMA dan dari berbagai etnis," katanya.
      Menurutnya, barongsai yang dipimpinnya adalah barongsai pemerintah di mana sebelumnya mendapatkan bantuan Rp 200 juta dari pemerintah pusat melalui APBN.
      Sementara Wakil Bupati Bangka sekaligus pembina mengatakan, pemerintah prisipnya mendukung seni barongsai sebagai budaya Bangka Belitung.
      "Barongsai bagi masyarakat di Bangka umumnya sudah tidak asing lagi dan menjadi hiburan yang banyak diminati masyarakat," ujarnya.
      Meskipun pemerintah daerah kata dia, sampai sekarang belum mengeluarkan bantuan finansial khusus bagi Barongsai Keakraban Sosial Dewi Kuan Yin tetapi tetap komit memberikan pembinaan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah.
      "Saya berharap prestasi ini terus ditingkatkan agar kedepannya lebih baik lagi," demikian kata Nurhidayat Rani. (cr03)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More