Selasa, 18 Oktober 2011

Aspal Mapur, Entah Kapan?

RIAUSILIP - Sejumlah jalan di Kecamatan Riau Silip belum tahu kapan akan diaspal, khususnya jalan yang saat ini kondisinya masih tanah merah dan sebagiannya berlubang menjadi kubangan air. Camat Riau Silip, M Ansori MUslim saat Radsul konfirmasi mengatakan kondisi jalan yang ada merupakan jalan Kabupaten dan beberapa diantaranya terletak di Desa Mapur dan Deniang.
Menurut Ansori jalan tersebut sudah diusulkan  melalui musrenbang, namun belum tahu kapan akan diaspal karena sampai saat ini APBD untuk tahun 2012 belum disahkan.
Beberapa jalan yang kondisinya masih tanah merah diantaranya jalan Bedukang lanjutan ke Air Antu, Mapur terusan Tuing dan dari Melintang Mapur ke Dusun Puntik.
"Untuk jalan Kabupaten, tiap musrenbang kita usulkan, terutama jalan bedukang lanjutan ke Air Antu, Mapur terusan ke Tuing dan dari Mapur Melintang ke Puntik yang masih tanah merah," tukasnya.
Ditambahkannya, usulan yang terus disampaikan untuk jalan kabupaten yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka ini belum mendapat realisasi dan putusan dari Pemerintah Kabupaten Bangka. Untuk tahun depan juga belum bisa dipastikan akan dibangun atau tidak.
"Kita usulkan terus jalan kabupaten itu, anggarannya dari APBD. Namun realisasi dan putusannya ada di Pemda Bangka. Belum ada laporan atau tindak lanjut kekita bahwa akan di bangun karena APBD tahun depanpun belum disahkan," jelasnya.
Dikatakannya lagi, saat ini untuk jalan yang akan dilakukan peningkatan adalah jalan berskala negara yang dibiayai oleh APBN seperti jalan yang terletak di Dusun Kayu Arang, Desa Cit dan Desa Riau.
Pelaksanaan proyek APBN ini dilaksanakan tahun 2011 dan pihak pemerintah Kecamatan Riau Silip dan Pemkab Bangka sedang mengupayakan pembebasan lahan.
Sebelumnya dilansir Radsul, jalan yang berada di Dusun Tanjung Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riau Silip yang jaraknya cukup jauh harus menempuh jarak sedikitnya 20 Km dengan kondisi jalan, dominan adalah tanah kuning berbatuan serta kalau musim hujan beberapa titik jalan terdapat genangan air.
Masyarakat setempat selain belum merasakan jalan yang mulus juga penerangan listik PLN juga fasilitas kesehatan yang memadai.
Kondisi ini menjadi gambaran belum meratanya kesejahteraan pembangunan di Kabupaten Bangka khususnya daerah terpencil. Dusun Tanjung Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riau Silip hanya salah satunya saja dengan keadaan demikian masih banyak dusun-dusun lainnya di wilayah Bangka yang belum bisa menikmati kesejahteraan pembangunan.(trh)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More