Sabtu, 08 Oktober 2011

Warga Menduk Minta TI Petaling Ditutup

MENDOBARAT - Tak mau pencemaran di hulu Sungai Menduk Kecamatan Mendobarat terulang kembali. warga Menduk minta Tambang Inkonvensional (TI) Petaling untuk ditutup.
Mereka minta itu lantaran resah terutama dalam mendapatkan sumber air bersih. Makanya pihak desa bersama-sama  masyarakat Menduk berharap agar pemerintah tingkat atas untuk segera menutup TI yang dilakukan di hilir Sungai Desa Petaling.
Karena nyatanya selama ini Tambang Inkonvensional liar ini hanya menguntungkan bagi sebagian pihak saja, sementara warga Desa Menduk hampir sebagian besar menggantungkan mata air kehidupan mereka dari sungai ini, untuk berbagai keperluan rumah tangga mulai dari memasak, hingga mencuci.
Harapan dari masyarakat Desa Menduk ini juga dibenarkan oleh Kepala Desa Menduk Masri, melalui via teleponnya. Menurut Masri akibat ulah tambang liar tersebut, air Sungai Menduk kena getahnya, apalagi kemarin musim panas, banyak sumber air di desa mereka yang mengalami kekeringan.
"Makanya satu-satunya sumber air yang tak penah kering ya Sungai Menduk itu, dan kalau Tambang Inkovensional itu masih terus dilakukan, maka menghadapi musim penghujan maka dampaknya juga bisa makin parah, kasihan masyarakat Menduk," keluhnya.
Selaku kepala Desa Menduk, dia mengerti akan keluhan warganya, makanya kemarin dia sudah koordinasi dengan Pemdes Petaling.
"Saya bilang kalau bisa jangan lagi lah TI di Sungai Petaling itu dibuka, baiknya tutup saja. Jawaban dari Kades Petaling waktu itu pun, hanya terkesan santai, karena menurut dia persoalan ini juga sangat menyangkut dengan masalah sumber penghidupan masyarakat, orang mau makan," kata Masri.
Yang jelas kini ia berharap kepada semua pihak terkait untuk memperhatikan nasib warga agar kondisi Sungai Menduk dapat kembali bersih dan bening lagi agar dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat.
Sementara itu dari salah satu warga Desa Menduk Kecamatan Mendobarat yang juga berhasil dikonfirmasi Radsul juga mengharapkan agar kejadian pencemaran limbah (TI) ke Sungai Menduk tidak terjadi lagi. Akan tetapi ia juga meminta  Pemdes  Menduk dapat segera melakukan pengembangan dan pemeliraan sumber air di Desa Menduk, dan dapat serta mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga kelestraian alam dan sumber air bersih secara bersama-sama. (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More