Senin, 31 Oktober 2011

Penataan Kabupaten Masih Amburadul

SUNGAILIAT - kondisi tata ruang yang ada di Kabupaten Bangka sampai saat ini masih abu abu.
Untuk ke depan DPRD Bangka yakin amburadulnya tata ruang itu dapat diperbaiki pemda, asalkan, dengan catatan, antara pemda dan wakil rakyat dapat bekerjasama, yang juga didukung sumber daya manusinya yang handal.
Menurut anggota DPRD Bangka, Agung Setiawan, Minggu (30/10) yang terpenting adalah bagaimana saat akan menyusun tentang RT/RW harus saling membantu. "Ke depan untuk lebih baik, walau sampai saat ini kita liat kondisi yang ada di Kabupaten Bangka masih adanya tumpang tindih," jelasnya.
Maka masalah tumpang tindih itu pula yang bakal menjadi masalah saat pembahasan strategis tata ruang dan tata wilayah.
"Namun jika bersama-sama untuk saling bahu-membahu untuk mengatasi permasalahan ini, kita yakin dapat diatasi," harapnya.
Contoh, kata Agung, seperti halnya di Bogor begitu rapi dan telitinya mereka dalam menempatkan tata ruang daerah.
Nah, kata dia, tidak ada salahnya perlu mencontoh Kota Bogor,  bagaimana mereka dapat menempatan tata ruang daera dengan baik.
"Misalnya, ada peruntukkan pabrik di tengah kota seperti halnya pabrik ban Goodyear, mereka dapat mengatasi hingga peruntukkan itu tidak jadi masalah dan bisa berjalan sampai sekarang, dengan menerapkan aturan yang baik untuk mengatur masalah polusi atau limbah," kata Agung.
Sementara Bangka sendiri, peruntukkan itu, masih amburadul. Ada smelter di tengah pemukiman penduduk contohnya, maka hal seperti itu ke depan harus dipikirkan.
"Misalya dengan cepat membuat aturan agar izin dibatasi, apalagi kita sebagai daerah tujuan wisata, kok ada industri dekat lokasi wisata, jadi peruntukkannya amburadul banget," sindirnya.
Dia berharap pihak terkait seperti Bapeda dan DPU, mulai sekarang untuk mulai mamanejerial membuat tata ruang dengan sebaik baiknya, sesuai dengan lokasi dalam penempatan suatu pembagunan dalam peruntukannya, jangan sampai tumpang tindih seperti yang terjadi sekarang.
"Dan saya yakin jika kepala daerah punya kemauan untuk bersama-sama menunjang program riil dari pembangunan yang ada, saya sendiri yakin dan percaya dengan sumber daya manusia  yang handal, yang memiliki manajemen ilmu yang tepat semua ini dapat kita atasi," harapnya.
Jika semua aturannya jelas ada hukum yang juga jelas, maka dia pun yakin investor akan berdatangan ke daerah. (j0i)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More