Senin, 03 Oktober 2011

Kilas Tins Tour D'Babel II

Hari pertama usai pembukaan Tins Tour D'Babel II (TTB II) Sabtu (01/10)  rombongan yang dilepas oleh Bupati Belitung Timur, Basuri T Purnama dilepas dari Pantai Lalang Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur menuju ke Pantai Mudong dan Replika SD Laskar Pelangi di Kecamatan Gantong.
Peserta TTB II yang terbagi 5 regu berjumlah 105 orang ini dikawal patwal lalu lintas Polres Belitung Timur dan ambulan kesehatan serta tim siap evakuasi yang tergabung dalam rombongan.
Pada etape pertama sabtu pagi rombongan TTB II menempuh Manggar - Gantong yang berjarak sekitar 25 KM. Perjalanan relatif lancar pada trek on road ini aspal mulus ini,  para peserta yang dilepas pada sekitar pukul 07.30 WIB tiba di replika SD Laskar Pelangi pada pukul 09.00 WIB.
Seperti tidak mau lagi menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan langkah, 'aji mumpung' sesaat sampai di replika SD Laskar Pelangi para peserta terutama yang dari luar Belitung segera berpose didepan SD Laskar Pelangi  yang membuat nama Gantung bahkan Bangka Belitung dikenal ditingkat nasional serta dunia.
Ditempat ini juga para peserta selain menikmati keindahan dan nilai seni Laskar Pelangi kendaraan sepedanya didroping keatas truk karena peserta melanjutkan perjalanannya menuju ke Sijuk dengan menggunakan mobil.
Usai berfoto bersama Tiara, Puteri Pariwisata Persahabatan Bangka Belitung, para peserta melanjutkan perjalanan menuju pos II di pemandian Ceria Kecamatan Sijuk sementara sepeda mereka dinaikkan keatas truk.
Perjalanan menuju Sijuk melalui jalan tengah ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Dan setiba di pos II pemandian ceria para peserta beristirahat sejenak untuk melepas kepenatan dan santap siang.
Seolah tidak pernah kehilangan semangat pada pukul 12.30 WIB pesepeda TTB II ini kembali gowess dan kali ini melahap dasyatnya trek off road yang melewati hutan, jembatan kayu, tanah lumpur serta perkebunan sawit. Awalnya para pesepeda perempuan ditawarkan untuk tidak mengikuti namun karena mereka mau mencoba akhirnya semua menjajal trek off road TTB II yang telah disiapkan panitia.
Cukup memacu adrenalin dengan trek off road yang cukup jauh menuruni tebing dan menanjak perbukitan ditambah guyuran hujan. Beberapa diantaranya sepeda peserta mengalami kerusakan seperti rantai lepas ban bocor namun segera diganti dan menlanjutkan perjalanan dengan kesigapan mereka bersama.
Peserta Tins Tour D'Babel II benar-benar diuji pada off road kali ini yang sangat menguras tenaga, setelah melewati seperempat perjalanan beberapa diantaranya harus dievakuasi dengan kendaraaan yang disiapkan panitia karena kerusakan sepedanya dan kehabisan stamina sehingga start yang dimulai pada pukul 12.30 WIB pada etape kedua ini dalam perjalanannya yang  sempat diguyur hujan ini baru bersih tiba difinish penginapan Hotel Lor In Pantai Tanjung Tinggi pada pukul 19.00 WIB.
Pada hari kedua Minggu, 2 Oktober 2011 peserta TTB II kembali menempuh rute dari Hotel Lor In menuju tempat syuting laskar pelangi di Pantai Tanjung Tinggi lalu melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Tanjung Kelayang. Sesampai di Pantai Tanjung Kelayang para peserta diajak menyeberang menggunakan perahu nelayan menuju pulau lengkuas, sebuah pulau yang terdapat mercusuar peninggalan zaman Belanda dengan air lautnya yang jernih. Tanpa dikomando seperti tak sabar ketika perahu baru saja menepi para peserta langsung menceburkan diri kedalam air laut yang jernih seperti kolam renang.
"Ini berolahraga sambil berwisata," ungkap salah satu peserta TTB II.
Setelah selesai dari Pulau Lengkuas rombongan TTB II melanjutkan perjalanan ke Pulau Burung yang didominasi dengan bebatuan dan pohon kelapa serta rumput hijau dengan suasana pantai yang teduh. Ditempat ini rombongan menghabiskan waktu sambil makan siang yang menambah selera makan para peserta.
Selesai dari Pulau Burung seperti tidak bisa habis tempat indah yang dikunjungi lagi-lagi peserta disuguhi persinggahan yang tak kalah indah, sebuah pulau dengan nama Pulau Kepayang atau sering disebut dengan nama pulau babi yang sangat sejuk dengan peralatan out bond yang lengkap memberikan suasana yang nyaman.
Akhirnya rombongan TTB II menuntaskan perjalanan lautnya dengan kembali dari Pulau Kepayang menuju pantai Tanjung Kelayang dan melanjutkan gowess sejauh 40 km menuju ke pantai Tanjung Pendam untuk menyelesaikan etape terakhirnya. Trek on road ini dijajali peserta TTB II dan pada pertengahan perjalanan di sambut komunitas sepeda ontel Belitung yang kemudian bersama-sama menghabiskan rute perjalanan dengan finish di Pantai Tanjung Pendam Belitung.
Puncaknya pada pukul 16.00 WIB rangkaian TTB II  dalam rangka menyukseskan Sail Wakatobi Belitung tahun 2011 ditutup secara resmi di panggung terbuka Pantai Tanjung Pendam oleh Bupati Belitung, Darmansyah Husein. (trh)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More