Senin, 03 Oktober 2011

Air Anyir (Nyaris) Terlupakan

MERAWANG -  Air Anyir pernah digadang-gadang oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka akan menjadi salah satu kawasan strategis.
Itulah  yang juga menjadi dasar pemerintah kini membangun akses perlintasan jalan lingkar timur di Dusun Mudel Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.
Meskipun harusnya rencana itu sedianya sudah terlaksana namun sangat disayangkan perhatian pemerintah daerah dalam upaya melindungi, melestraikan aset-aset desa khususnya aset wisata bahari di Pantai Desa Air Anyir ini, masih sangat kurang.
Hal ini sebagaimana yang juga disampaikan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Air Anyir Yuhaidir kepada Radsul via telpon, Minggu (2/10).
Yuhaidir menilai, dalam kurun waktu beberapa tahun ini, masyarakat Bangka Belitung pada umumnya semakin banyak yang mengenal dan berkunjung ke Pantai Mas Air Anyir, apalagi jarak pantai dengan  Kota Sungailiat maupun dengan Kota Pangkalpinang boleh terbilang cukup dekat, seiring juga makin banyaknya pembangunan-pembangunan yang dilakukan di desa tersebut, sehingga makin banyak membuat orang penasaran.
”Melihat potensi ini kami juga mulai memikirkan rencana apa, atau pengembangan seperti apa yang akan kami selaku Pemdes Air Anyir, sehingga klimaksnya semakin betambah banyaknya orang yang mengenal dan mengunjungi pantainya ini, harus mendatangkan nilai ekonomis atau uang untuk masyarakat Air Anyir," harapnya.
Oleh karena itulah, sudah sejak beberapa kali Musrembang, pihak Pemdes Air Anyir selalu hampir-hampir tak pernah absen, mengusulkan, menyampaikan harapan masyarakat Air Anyir, agar pemerintah baik Pemda Kabupaten maupun provinsi dapat membantu menyediakan tambahan sarana dan prasarana terutama jalan menuju pantai Desa Air Anyir.
"Kadang-kadang kalau perayaan Rebo Kasan banyak orang yng datang, dan selalu protes, mengapa jalan ke pantai ini tak kunjung diperbaiki, terlebih lagi bila kena musim hujan, jalan tanah kuning dan becek. Tapi kami mau apa lagi, kalau dari kami sendiri jelas sangat tidak mampu, jadi satu-satunya harapan kami ya dari pemerintah dan juga para investor untuk membantu kami dalam mengembanglkan aset wisata Bahari Desa Air Anyir ini,” harap Yuhaidir. (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More