Selasa, 17 Januari 2012

Jika Diminta, TNI Selalu Siap

SUNGAILIAT - Dandrem 045/Garuda Jaya Babel  Kolonel P Gunung Sarasmoro menegaskan satuannya siap mengamankan proses pemilukada Bangka Belitung 2012 mendatang.
Itu ia katakan usai menghadiri acara penerimaan Satgas Kompi B Yonif 141/AYJP Sungailiat yang kembali dari Papua, Selasa(17/1).
Menjelang Pilkada 2012 yang tidak Lama lagi, Dandrem berencana berikan perintah operasi kepada seluruh jajaran Korem 045 Garuda Jaya tentang perintah melaksanakan kegiatan pengamanan Pemilukada.
"Kita sifatnya on call, jadi stand by, di satuan kita sudah menyiapkan 11 posko, TNI AD, ya kita TNI AD, Kalau  TNI AL, dan TNI AU punya operasi juga stan by on call juga setiap saat, bisa dipanggil. Kita melakukan koordinasi juga dengan TNI AL dan TNI Udara," katanya.
11 posko itu di 7 wilayah Kabupaten dan Kota, Korem juga disiapkan, personil berjumlah 484 orang persiapan menjelang pilkada.
"Sampai saat ini saya lihat masih kondusif, kerawanan-kerawanan yang akan muncul barangkali sudah diprediksi oleh Polda, yang jelas kesiapan TNI dalam hal ini adalah mempersiapkan personil setiap waktu jika diminta bantuan Polda, kita siap," tegasnya.
Mengenai kerawanan katanya biarlah untuk satuan Polri yang menganalisis kerawanan-kerawanan, TNI sudah memberikan petunjuk tentang pelaksanaan.
Juga katanya begitu dengan netralitas TNI, sudah jelas apa yang boleh dan tidak boleh.
"Kita tidak boleh dilibatkan dalam kegiatan-kegitaan kampanye, baik prajurit maupaun lingkungan asrama tidak boleh, aturan tentang netralitas itu ada betul-betul kita tegakkan, dan sudah  kita sampaikan kepada unsur prajurit TNI," imbuhnya. (cr05)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More