Selasa, 17 Januari 2012

Hari Ini Rebo Kasan di Air Anyir

MERAWANG - Hari ini  Rabu (17/1) atau bertepatan dengan  penanggalan kalender Arab dan tepat berada Rabu terakhir di penghujung  bulan Safar masyarakat  Kabupaten Bangka khususnya Kecamatan Merawang Desa Air Anyir mulai pukul 07.00 WIB  hingga  pukul 09.00 WIB (waktu yang paling tepat) akan melaksanakan  seluruh rangkaian pesta adat Rabu Kasan.

Konon,  Adat Rabu Kasan ini oleh masyarakat Desa Air Anyir sudah dilaksanakan secara turun temurun sejak Ratusan tahun silam. Kini,  oleh Pemerintah  upacara Adat Rebo Kasan ini juga sudah dimasukkan kedalam Kalender even Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menjadi ikon Pariwisata Bangka Belitung  khususnya di Kabupaten Bangka.

Tradisi kuno yang  lapuk di makan oleh waktu dan juga kemajuan zaman ini diharapkan akan terus hidup pada masa-masa yang akan datang. Banyak versi, cerita bahkan mitos tentang sejarah  muncul dan dilaksanakannya Adat Rabu Kasan ini. Versi yang beraneka ragam ini kini sudah ditulis juga dalam lembar demi lembar buku cerita dan sejarah Adat Rebokasan, apapun itu biarlah masyarakat sendiri yang menilainya dan bahkan mempercayai mana  yang lebih disukai. (lya)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More