Senin, 17 Oktober 2011

Warga Kace Asli tak Bakal Hilang Suara Politik

MENDOBARAT - Warga Kace saat ini terancam kehilangan hak suaranya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2012 mendatang.
Nah, menyikapi soal tersebut, Sekretaris Kecamatan Mendobarat Suhardi yang ditemui Radar Sungailiat (Radsul) Sabtu, (15/10) ikut menanggapi persoalan.
Menurut Suhardi Warga Kace yang ber-KTP Kota Pangkalpinang, dari segi hukum  dan administrasinya  mereka sudah jadi penduduk Pangkapinang, di Kace istilahnya mereka hanya numpang tinggal saja.
“Makanya kalau sudah tahu mereka itu hanya numpang tinggal di Kace dan KTPnya Pangkalpinang, mengapa sekarang Pemerintah Desanya masih melayani, seharusnya kalau sudah tahu seperti itu seharusnya tidak boleh dilayani," kata dia.
Demikian juga sebaliknya Dukcapil Kota Pangkalpinang jangan mau terima-terima saja katanya, sudah tahu mereka tinggalnya di Kace, Dukcapil dalam hal ini harusnya menelusuri dulu, Dukcapil harusnya lebih teliti lagi.
Ditambahkan Suhardi, tetap akan ada kemungkinan bagi warga Kace yang memiliki KTP Pangkalpinang  untuk tetap dapat memberikan hak suara mereka pada Pilgub mendatang melalui TPS (Tempat Pemungutan Suara) wilayah Kabupaten Bangka, asalkan yang bersangkutan mau membuat surat pindah memilih dari TPS yang ada di wilayah Pangkalpinang.
Kalau mereka tidak mau lapor atau buat surat pindah maka mereka tidak dapat memberikan hak suaranya di TPS wilayah Kabupaten Bangka.
”Saya singkat saja kalau  kemudian ternyata yang bersangkutan punya KTP Pangkalpinang, tetapi tidak mau ngurus pindah dan tentu tidak boleh memilih di TPS Kabupaten Bangka, maka yang bersangkutan  akan golput. Yang namanya golput itu kan memang tidak mau memiliih, itu hak yang bersangkutan, karena golputkan tidak diharamkan," katanya agak kesal.
Tapi satu hal kata dia jika milih golput, jangan pernah protes atau ngomel-ngomel  di kemudian hari. Dan dia mengimbau untuk Pemdes Kace, tolong segera konsultasikan persoalan ini ke PPK (panitia pemilihan Kecamatan). (cr04)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More