Jumat, 04 November 2011

Tiap Bulan, Laporkan Data Pendatang

BELINYU - Secara rutinitas Pemerintah Kecamatan Belinyu melakukan pendataan terhadap para pendatang setiap bulannya.
Hal ini dikarenakan banyaknya para pendatang yang masuk kewilayah Belinyu dan tersebar diberbagai tempat dengan mobilitas datang dan pergi tidak menentu.
Kecamatan Belinyu tidak henti-hentinya mengintruksikan  aparat pemerintahan desa untuk terus mendata dan memberi laporan bulanan ke pihak kecamatan.
Selanjutnya pihak Kecamatan Belinyu menghimpun semua laporan dari Desa dan Kelurahan untuk dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Bangka dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Bupati Bangka.
"Pendataan dilakukan setiap bulan oleh pihak desa, yang harus memberi laporan bulanan ke kecamatan.  Lalu, selanjutnya dari kecamatan melaporkan ke Dukcapil dan Bupati Bangka," jelas Yeri selaku Camat Belinyu Rabu (2/11) lalu.
Sebelumnya pihak Kecamatan Belinyu telah menyikapi secara serius mengenai keberadaan pendatang yang bekerja kebanyakan di pertambangan pada wlayah Belinyu ini.
Pasalnya, sebagian warga merasakan resah dengan keberadaan pendatang yang melakukan perbuatan seperti pekerja kafe di parit 19 lalu maupun beberapa tindakan kriminal yang terjadi.
Dari data Radsul selama beberapa bulan terakhir para pendatang tersebar ditiga tempat paling banyak yakni Desa Bintet, Desa Gunung Pelawan dan Kelurahan Bukit Ketok Kecamatan Belinyu.
Para pendatang ini kebanyakan berasal dari beberapa daerah seperti Lampung, Selapan Sumsel, dan Jawa. Sedangkan untuk pekerjaan yang mereka geluti dibidang petambangan berkutat macam-macam mulai Tambang Inkonvensional (TI) darat, TI Apung dan ada juga yang sekedar mencari timah dengan cara sederhana seperti melimbang menggunakan karpet. (trh)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More