Selasa, 15 November 2011

Mau Olah Sampah? BLH Fasilitasi

SUNGAILIAT- Direncanakan Belinyu akan miliki Tempat Penampungan Sampah (TPS), namun sementara waktu dari pihak pengelola hanya melakukan pembuangan sampah di areal sementara yang tidak mengganggu masyarakat.
Untuk lokasi perencanaan sudah dilakukan koordinasi bersama dengan pihak Pekerjaan umum (PU) Provinsi dan sudah ditentukan, hanya saja ada kendala lain sehingga penetapan terhadap areal tersebut masih belum dilakukan.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bangka, Asmawi Alie  mengatakan untuk sementara waktu di Kecamatan Belinyu belum ada tempat pembuangan sampah secara permanen. Dijelaskannya dalam pelaksanaan ini dilakukan oleh pihak swasta, dimana saat ini masih dilakukan pembuangan di kawasan yang tidak mengganggu bagi pemukiman masyarakat.
"Untuk saat ini belum ada tempat pembuangan sampah yang permanen di Kecamatan Belinyu, untuk pembuangan sampah dalam hal ini pelaksanaannya dilakukan oleh pihak swasta," ujarnya beberapa waktu lalu.
Diakui Asmawi,  untuk Kecamatan Belinyu belum dapat dijadikan kota yang  memiliki menajemen pengolahan sampah, mengingat volume sampah perharinya tergolong sedikit. Namun  dari pihak pemerintah Kabupaten Bangka telah berencana dalam beberapa waktu kedepan akan menjadikan Kecamatan Belinyu sebagai kota yang memiliki menejemen pengelolaan sampah. Dikatakannya lagi, kedepan dari pihak Pemkab Bangka juga akan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang berminat melakukan pengolahan sampah.
"Karena volume sampah yang ada di Belinyu masih tergolong sedikit, maka dalam hal pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat. Kedepannya bila ada masyarakat yang berminat melakukan pengolahan sampah organik dan non organik, akan kami fasilitasi," katanya. (trh)
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More