Selasa, 26 Juli 2011

Hakim Itu Mengaku

SUNGAILIAT - Tak bisa dibendung lagi, perihal kasus tersebarnya foto syur dari oknum hakim di Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat berinisial AR sudah jadi konsumsi publik.
    Bahkan, tak tanggung-tanggung, bos AR sendiri, Kepala PN Sungailiat Retno Listowo langsung menggelar konferensi pers dengan wartawan Senin (25/7).
    Kata Retno Listowo, awalnya sendiri dia tidak tahu kalau ada beredar foto-foto hot hakimnya itu, kendati sudah dimuat di hampir semua media lokal di Bangka Belitung ia tahunya justru dari laporan bawahannya.
    "Karena saat berita tersebut beredar saya masih berada di luar kota yaitu di Makassar, dan sangat membuat saya terkejut karena setelah saya lihat memang foto itu mirip dengan bawahan saya, AR. Dan saya sempat shock dan terkejut melihat itu," kata Ketua PN ini.
    Sebagai atasan katanya, dia akan langsung mengambil tindakan tegas untuk menyelidiki kebenaran dari foto-foto menghebohkan nan menggairahkan itu, dengan cara membentuk tim pencari fakta. Bahkan pihak internal PN telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang diduga ngesyur itu
    "Bahkan, secara pribadi telah sempat saya konfirmasikan kepada terduga dan dia telah mengaku dengan jujur dan tidak membantah kalau itu foto-foto miliknya. Tapi dia membantah kalau foto-foto itu dia yang mengupload," terang Retno LIstowo.
    Nah, sebagai bentuk sanksi pihaknya telah mengambil tindakan tegas untuk semetnara waktu hakim itu telah dibebastugaskan dari rutinitasnya selaku pengadil di PN Sungailiat.
    Listowo juga berharap agar hal-hal iseng itu tidak terjadi lagi karena berawal dari keisengan akan membuat akibat yang sangat fatal. "Maka kita pun akan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kalangan instansi kita sehingga di kemudian hari hal-hal yang tidak mengenakkan seperti ini tidak terjadi lagi," harapnya.
    Seperti diketahui,beberapa hari ini ada gunjingan beredarnya foto-foto syur ditengarai salah seorang oknum hakim di Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat yang berinisial AR lagi berciuman mesra dengan wanita, yang (sepertinya) salah seorang mantan karyawan salah satu tempat hiburan malam di Sungailiat, yang berinisal NZ. Foto-foto itu katanya berawal dari akun jejaring sosial Facebook.
    Bahkan masyarakat luas dapat melihat foto-foto syur dengan berbagai posisi yang juga "dibumbui" kata-kata tidak senonoh yang dilontarkan si cewek tersebut.
    Berdasarkan informasi yang berhasil Babel Pos (Induk Radar Sungailiat) foto-foto syur diduga oknum hakim itu diambil di tempat hiburan malam di Sungailiat.
    Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat Reno Listowo SH MH melalui Kepala Humas Pengadilan Negeri Sungailiat Heneng Pujadi SH mengatakan Pengadilan Negeri Sungailiat sudah membuat Tim Internal Anggota Hakim Pengadilan Negeri Sungailiat yang terdiri dari Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat,  Kepala Humas Pengadilan Negeri Sungailiat dan Panitera  terkait adanya permasalahan interen menyangkut masalah keluarga hakim berinisial AR tersebut.
    Tetapi bukan masalah beredarnya foto-foto syur tersebut, itu hanya masalah intern keluarga dan belum ada hasil tim tersebut. "Dan hasilnya akan  kita laporkan langsung ke Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat.
    Lalu kata Heneng, pihak pengadilan melalui tim sudah beberapa kali memanggil yang bersangkutan dan juga melakukan pemeriksaan terkait adanya informasi yang masuk ke pengadilan menyangkut oknum anggota hakim tersebut, sampai saat ini belum ada hasil, katanya kepada wartawan, Jumat (22/7).
    Masih menurut Heneng Pujadi SH, mengaku sudah tahu terkait adanya beredarnya beberapa hari ini, foto-foto syur diduga oknum hakim di Pengadilan Negeri Sungailiat bernisial AR dengan pasangannya itu beredar di situs jaringan sosial.
    “Saya lihat kemarin (Kamis-red) dan tidak pantaslah seorang pejabat negara berfoto-foto syur seperti itu dan tersebar di situs jaringan sosial atau facebook,” ungkapnya.
    Dikatakan, untuk permasalahan foto-foto syur itu belum ada pemanggilan terhadap oknum hakim tersebut karena permasalahan tersebut masih baru dan sekarang yang bersangkutan sedang izin pulang ke Semarang mengikuti kegiatan ruwahan menyambut bulan puasa.
    ”Terkait tersebarnya foto-foto syur tersebut, saya sebagai teman sesama hakim, menilai perbuatan tersebut tidak benar,  jangan lah seperti itu, dan untuk permasalahan beredarnya foto syur tersebut Pak ketua pengadilan juga belum tahu,” jelasnya menyesali.
    Dikatakan Kepala Humas Pengadilan Negeri Sungailiat Heneng Pujadi SH, bila ternyata foto-foto tersebut memang benar adalah hakim yang bersangkutan sesuai dengan ada kode etiknya diatur dalam  Pedoman Prilaku Hakim (PPH).
    “Yang jelas kalau di foto yang beredar, wanita itu bukan istrinya sebab saya adalah tetangganya dan semua orang juga tahu, memang saat ini, istri hakim tersebut tidak berada di sini (di Bangka, redred), hakim itu selain dilarang ke tempat hiburan malam dan untuk beristri dua juga sangat sulit, karena selain harus ada izin istri pertama juga harus ada izin dari Pengadilan Tinggi, dan Mahkamah Agung (MA) juga dengan alasan yang tepat," jabarnya.
    Wartawan Babel Pos mencoba mengkonfirmasi terkait kebenaran foto-foto syur tersebut kepada oknum hakim Sungailiat bernisial AR, saat dihubungi melalui telpon genggamnya maupun dikirimi SMS terdengar nada sambung tetapi tidak dijawab dan pesan SMS tidak dibalas hingga berita ini diturunkan. (mg08)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More