Selasa, 26 Juli 2011

PT GPL Tunaikan Janjinya

SUNGAILIAT - Wakil Bupati Bangka H Nurhidayat Rani minta partisipasi aktif dari masyarakat Desa Mapur dan sekitar untuk membina perkebunan sawit yang telah ada untuk dapat dijaga dan dirawat dengan baik.
    Selain itu Nurhidayat juga berharap masyarakat ikut untuk membantu perkembangan koperasinya dan jangan menjadi anggota koperasi hanya ingin mendapatkan kebun sawit saja.
    Hal ini disampaikan Wabup di sela-sela acara penyerahan perkebunan  inti plasma dari pihak pengembang PT Gunung Maras Lestari (GPL) kepada koperasi perkebunan kepala sawit (KPKS) Mapur Mandiri selaku wadah dari masyarakat Desa Mapur dan sekitarnya.
    Tambah Dayat, selain dibutuhkan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat petani dan pihak koperasi diharapkan pihak perusahaan pengembang PT GPL setelah diserahkan kebun plasma masyarakat ini terus melakukan pembinaan terhadap pihak koperasi pengelolanya.
    "Jangan setelah kebun diserahkan pembinaan terhadap koperasi terhenti begitu saja. Dan tentu akan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan," katanya.
    Lanjut dia, sebagaimana diketahui sebelumnya begitu banyak kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak PT GPL sendiri dalam pengembangan investasi selama ini, seperti benturan-benturan yang terjadi dengan masyarakat. "Untuk itu dengan bukti dan upaya dari PT GPL untuk membina para masyarakat petani sawit melalui wadah koperasi mitra terus dapat berjalan dengan baik," harap Dayat.
    Sementara itu sebanyak 121,24 hektar kebun plasma untuk tahap pertama yang diserahkan oleh PT GPL yang diperuntukan 581 KK, penyerahan ini sendiri dilakukan secara kolektif dan langsung dilakukan penandatanganan kerja sama dengan pihak Bank SumselBabel.
    Dan untuk perkebunan inti plasma sendiri akan terus berkelanjutan sesuai dengan perjanjian MoU awal dari pihak pengembang sampai target perkebunan inti plasma, sesuai MoU.
    Untuk itu akan ada penyerahan pada tahap-tahap berikutnya setelah  kebun yang dikembangkan memenuhi persyaratan untuk dapat diserahkan kepada masyarakat. Turut hadir dalam acara penyerahan itu, Kadishut Bangka, Kadisperindagkop, Camat Riau Silip, perwakilan Polres Bangka, Kapolsek Riau Silip, pengurus Kopersi Mapur Mandiri, Manager Bank SumselBabel dan para tokoh masyarakat. (mg08)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More