Sabtu, 23 Juli 2011

Ada Sekolah Mungut Iuran

SUNGAILIAT - Sekolah-sekolah di daerah nampaknya masih abu-abu menyikapi imbauan dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh.
    Imbauan itu adalah larangan pungutan biaya pendidikan terkait penerimaan murid baru oleh lembaga sekolah penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dengan apapun alasan seperti yang diberitakan media online Nasional.
    Ternyata imbauan itu sendiri terkesan belum diketahui bagi penyelenggara pendidikan di daerah. Dan terbukti masih adanya salah satu sekolah yang memungut biaya iuran HUT RI dengan besaran minimal Rp 20 ribu dan bahkan murid baru harus membeli sejumlah buku panduan.
     Menurut salah satu orang tua dari murid sekolah tersebut yang tidak mau disebutkan namanya, di Sungailiat, Jumat, mengatakan, dirinya harus mengeluarkan dana iuran HUT RI sebesar Rp 20 ribu, belum termasuk biaya seragam yang mencapai lebih Rp 400 ribu serta biaya pembelian buku panduan.
     "Saya heran buku panduan hampir semua mata pelajaran harus membeli, dan yang perlu ditanyakan dana BOS tersebut dialokasikan untuk apa," katanya.
     Ia mengatakan, barangkali bagi orang tua yang mampu tidak mempersoalkan dengan sejumlah dana yang dikeluarkan, namun sebaliknya bagi orang tua yang tidak mampu tentu harapan untuk mendapatkan hak pendidikan bagi anaknya akan terhambat.
      Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Yunan Helmi mengatakan, dirinya akan segera memanggil kepala sekolah yang bersangkutan untuk dimintai keterangan lebih lanjut tentang persoalan yang ada agar tidak sampai salah penafsiran masyarakat.
      "Kalau memang nantinya tidak sesuai dengan mekanisme dana BOS tentu akan kami berikan pemahaman kepada kepala sekolah yang bersangkutan," katanya.
      Dia juga mengatakan, biasanya kegiatan HUT RI anggarannya sudah dialokasikan, namun persoalannya kegiatan tersebut sifatnya besar atau tidak seperti pembelian kostum.
      "Masalah pembelian buku panduan bagi murid, akan dilihat dulu apakah ada dalam dana BOS atau tidak, kalau tidak ada tentu inisiatif orang tua, tetapi biasanya dalam BOS itu sudah lengkap," jelasnya. (cr03)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More