Senin, 27 Juni 2011

PHL di Pemkab akan Dievaluasi

SUNGAILIAT - Anjuran dari Pemerintah Pusat agar daerah tidak lagi mengangkat tenaga pegawai kontrak atau tenaga harian lepas karena dinilai tenaga-tenaga itu kurang produktif ditanggapi dengan antusias oleh Sekda Bangka, H Tarmizi H  Saat, Sabtu (25/6). Anjuran itu kata dia bagi Kabupaten Bangka ditanggapi secara positif.
    Karena kata Tarmizi, jika pemerintah masih melakukan pengangkatan terhadap pegawai tenaga kontrak atau harian lepas itu, maka menjadi tanggungjawab dari pemerintah daerah. "Ini yang harus kita sikapi dan untuk Kabupaten Bangka sendiri akan kita lihat nanti bagaimana perkembangannya," kata Tarmizi.
    Tambah Tamizi lagi, ada beberapa hal yang sedang digodok di Pemerintah Pusat, pertama tentang pensiun diri Pegawai Negeri Sipil, permasalahan kedua yang sedang digodok adalah ke depan tentang tidak ada lagi tim Baperjakat yang akan diganti dengan tim independen untk menempatkan seseorang di jabatan yang pas agar orang itu lebih kompetitif, dan yang ketiga tidak ada lagi pengangkatan untuk tenaga kontrak atau tenaga harian lepas.
    "Selama ini kita menerima pegawai kontrak atau tenaga harian lepas tersebut guna untuk mengakomodir kepentingan daerah, namun dengan adanya anjuran dari pemerintah tersebut untuk tenaga kontrak atau tenaga lepas sendiri, akan kita evaluasi, kalau evaluasi yang kita lakukan nanti perlu adanya penciutan untuk tenaga kontrak maka kita laksanakan, tapi kalau memang tidak diperlukan penciutan maka tidak perlu kita lakukan," terang Sekda.
    Memang kata dia, tidak perlu lagi ada pengangkatan tenaga kontrak atau tenaga harian lepas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, karena seharusnya bisa dengan jalan memaksimalkan kerja dan kinerja dari para PNS di lingkungan itu sendiri secara optimal.
    Kata dia lagi, kelemahan birokrasi kita yaitu, khususnya para pegawai yang ada saat ini tidak proaktif. Mereka bergerak jika sifatnya ada masalah. "Seharusnya mereka itu seperti di karyawan swasta yang terus mobile bergerak da proaktif. Maka diperlukan Waktu yang panjang untuk menata reformasi birokrasi kita karena pada tingkat atas pun belum begitu baik, apalagi di daerah," singgungnya. (mg08)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More