Jumat, 19 Agustus 2011

PD BGM Bakal Kena Audit

SUNGAILIAT - Pemkab Bangka akan membantu perusahaan daerah Bangka Global Mandiri (BGM) untuk melakukan audit pada tahun 2012 mendatang.
    Audit itu sendiri bukan untuk merubah perusahaannya akan tetapi untuk meningkatkan kinerjanya. Menurut  Espada Yamin, Assisten II Setda Bangka Bidang Perekonomian dan Pembangunan bahwa audit terhadap PD BGM sebelumnya sudah dianggarkan di ABT namun tidak terkejar lagi sehingga akan dianggarkan pada 2012 mendatang.
       “Kami sudah berkoordinasi dengan BPKP untuk melakukan audit secara besar - besaran kepada BGM agar managemennya berubah. Akan tetapi audit itu sendiri bukan untuk merubah perusahaannya akan tetapi untuk meningkatkan kinerjanya” tukas Espada.
    Dijelaskan Espada Yamin, PD BGM tidak akan ditutup hanya manajemennya saja ditata. Begitu pula untuk ketua akan tetap, tidak diganti. Sementara untuk karyawannya yang masih dirumahkan ada 4 atau 5 karyawan karena pihak BGM tidak mampu lagi memberi gaji para karyawan tersebut. Tidak ada istilah pecat, namun mereka hanya dirumahkan.
       Diakui Espada, konstribusi dari PD BGM ada namun dari pihak ketiga, itu pun  tergantung yang menyumbang. Kalau mereka ada duitnya banyak maka akan besar sumbangan yang didapat yaitu sekitar Rp 5 - 6 juta perbulan. Namun untuk sumbangan itu sendiri bukan suatu kewajiban.
       “Mereka hanya memakai nama BGM, mengirimnya bertonton akan tetapi yang mengirimnya orang lain bukan dari pihak BGM itu sendiri. Namun itu tidak menyalahi aturan lantaran mereka melakukan kerja sama dengan pihak ketiga dalam pengiriman. Untuk elmenit Rp 25.000 perton, zircon Rp 40.000 perton” jelasnya.
       Hal tersebut dinilai tidak merugikan daerah dikarenakan  mereka punya mesin, punya tenaga, punya uang dan Pemda hanya memakai legalitasnya saja berupa Fee, ujar Espada. Dalam pengiriman tersebut bukan hanya zircon saja, akan tetapi ada komoditi lainnya seperti karet dan lain sebagainya. (her/bbg)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More