Selasa, 28 Juni 2011

Siapkan Calhaj "Cadangan"

SUNGAILIAT – Adanya kemungkinan penambahan kuota calon jemaah haji (Calhaj) untuk Kabupaten Bangka, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka menyiapkan sebanyak 20 orang calon jamaah haji untuk antisipasi mengisi penambahan kuota tersebut.
    Kepala Kemenag Kabupaten Bangka melalui Kasi Haji dan Umroh, Syaiful Zohri saat Radsul temui di ruang kerjanya mengatakan calon jemaah haji cadangan diberikan bimbingan dan pelatihan oleh Kemenag  Bangka. Calon jamaah haji cadangan ini dipersiapkan  untuk menggantikan calon jamaah haji yang berhalangan berangkat atau mengundurkan diri selain itu calon jamaah haji cadangan untuk mengantisipasi adanya quota tambahan.
    "Diberikannya bimbingan kepada calon jamaah haji cadangan ini agar mereka siap untuk diberangkatkan jika ada calon jamaah haji yang masuk quota tidak jadi berangkat," kata Syaiful.
    Untuk Provinsi Babel sendiri mendapatkan quota tambahan sebanyak 109 orang dan Bangka kebagian tambahan 31 orang.
    Seperti pada tahun 2010 lalu, Indonesia memiliki tambahan quota sebanyak 10 ribu jamaah yang terdiri dari 6.500 jamaah haji plus dan 3.500 jamaah haji regular.
    Dari 31 orang tambahan quota tersebut 26 calon jamaah haji jadi diberangkatkan dan  sisanya ada 5 orang yang tidak jadi berangkat dengan alasan tidak siap. Calon  jamaah haji cadangan pada tahun  2011, sebenarnya waktu berangkat pada 2012 mendatang.
    Calon jamaah haji cadangan ini sudah diberi tahu bahwa mereka ini belum pasti berangkat karena penambahan quota biasanya diumumkan mendekati keberangkatan. Tapi untuk mengantisipasi, mereka diberi bimbingan telebih dahulu agar jika benar – benar berangkat maka sudah siap, tidak ada lagi alasan tidak siap seperti kejadian tahun kemarin.
    “Kami sedang mengarahkan kepada jamaah haji untuk melakukan manasik haji mandiri, yaitu dikelola oleh para calon jamaah haji. Dari Kemenag berkoordinasi dengan KUA kecamatan, baru akan memberikan bimbingan kelompok ke kecamatan – kecamatan pada Bulan Juli nanti, dengan pengajarnya dari tokoh agama setempat. Direncanakan sebelum puasa bimbingan kelompok ini selesai,” jelasnya.
    kuota jamaah haji Kabupaten Bangka tahun 2011 adalah 244 orang, sedangkan untuk Babel yaitu 904 orang ditambah 9 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). Para jamaah haji Kabupaten Bangka sudah mengikuti pembinaan awal yaitu berupa ta’aruf pada Maret kemari.
     "Selanjutnya habis lebaran Idul Fitri,  calon jamaah haji akan diberikan bimbingan massal. Pada bimbingan massal yang akan dipusatkan di Masjid Agung Sungailiat ini, dan pelatihan  diberikan lebih ke teknis seperti bagaimana makanan kateringnya, bagaimana di pesawatnya nanti dan sebagainya," pungkasnya. (cr02)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More