Kamis, 23 Juni 2011

Belajar Sampah ke Kabupaten Bangka





SUNGAILIAT - Sebanyak 18 orang anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur melakukan kunjungan Ke Kabupaten Bangka, Rabu (22/6).
    Rombongan yang dipimpin oleh H Bur Ahmad Zainudin, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo ini diterima oleh Asisten II Setda Bangka Bidang Perekonomian dan  Pembangunan, Espada Yamin di ruang OR Kantor Bupati Bangka.
    Dalam studi bandingnya ini selain untuk menjalin silahturahmi juga mencari masukan untuk diterapkan di daerahnya  Kabupaten Sidoarjo. Beberapa hal yang menjadi perhatian DPRD Kabupaten Sidoarjo selama kunjungan di Kabupaten Bangka diantaranya adalah mengenai infrastruktur.
    "Menarik untuk dipelajari seperti pengelolaan sampah, penataan taman kota, peningkatan mutu serta kualitas sarana dan prasarana di bidang ke binamargaan sebagai infrastruktur," ungkapnya.
    Ia juga menceritakan saat ini  Kabupaten Sidoarjo identik dengan lumpur Lapindo. Menurutnya, luas lahan yang terkena semburan lumpur Lapindo seluas 600 hektar, sedangkan luas daerah Kabupaten Sidoarjo seluas 71.000 hektar.
    "Lumpur Lapindo masih  ada dan sampai saat ini masih belum selesai. Semburannya tetap ada dan permasalah sosialnya belum terselesaikan," kata  Nur Ahmad Zainudin.
    Sementara Asisten II Pemkab Bangka menyampaikan profil kabupaten Bangka dengan visinya Bangka Idaman dengan meningkatkan SDM, membangun infrastuktur yang handal, mewujudkan pemerintah yang amanah, mengelola sumber daya alam secara optimal, dan menumbuh kembangkan ekonomi rakyat.
    "Namun saat ini sektor yang masih menjadi unggulan  Bangka adalah  pertimahan, sebab dimanapun daerah Bangka hampir seluruhnya mengandung timah. Tapi sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbarui sektor lainpun di tingkatkan potensinya seperti pertanian, perkebunan dan pariwisata," terang Espada Yamin. (cr02)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More